Ramli, Nurleli (2020) Pendidikan Karakter: Implementasi Pembelajaran IPS Tingkat Menengah. IAIN Parepare Nusantara Press, IAIN Parepare Nusantara Press. ISBN 9786236622759

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
Modul Pendidikan IPS & Pend. Karakter.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu usaha untuk memanusiakan manusia. Prosesnya bisa melalui pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Implementasi pendidikan karakter hendaknya dilakukan secara aplikatif karena merupakan suatu usaha untuk membiasakan nilai-nilai karakter tumbuh dan menyerap dalam diri individu agar kelak mereka dalam bertindak tidak serta merta secara individual, akan tetapi mempertimbangkan kondisi dan memberikan pengahargaan terhadap individu lain agar tercipta suatu pola kehidupan bermasyarakat yang damai dan tentram. Sekolah menjadi salah satu wadah penerapan nilai-nilai karakter karena dianggap sebagai lembaga yang mampu mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai karakter tersebut dan disanalah seorang anak bisa berkumpul dan berinteraksi dengan banyak orang sehingga hal itu merupakan suatu pembelajaran awal bagi mereka sebelum berinteraksi lebih luas dan bertemua dengan beragam individu lainnya dalam lingkungan masyarakat. Pembelajaran IPS ditingkah menengah menjadi salah satu obyek untuk menerapkan pendidikan karakter, oleh karena itu buku ini bersifat konseptual dan aplikatif dengan menguraikan mater-materi secara eksplisit. Materi-materi yang dimuat dalam buku ini mencakup, konsep pendidikan karakter, wadah pendidikan karakter, nilai-nilai karakter, pendidikan karakter dan revolusi mental, pendidikan karakter pada sekolah menengah pertama, pendidikan karakter secara terpadu dalam proses pembelajaran, implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran, pembelajaran aktif bermuatan karakter, pembelajaran IPS dalam pembangunan karakter.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karekter, SMP/MTs
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Nurleli Ramli
Date Deposited: 29 Dec 2021 09:14
Last Modified: 29 Dec 2021 09:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item