Hanafie Das, St. Wardah and Halik, Abdul and Budiman, budiman (2021) Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare. In: Seminar Nasional Sains Teknologi dan Humaniora, 23 Desember 2019, UIT Makassar.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
PROSIDING UIT 2019.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (493kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang dampak penggunaan handphone terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare dengan rumusan masalah: 1. Bagaimana dampak penggunaan handphone terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare, 2. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare, 3. Apa faktor penghambat dan pendukung terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang sering di sebut model penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiyah, kemudian menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis, teologis dan data tersebut di kumpul dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun instrument sebagai alat yang digunakan untuk mengukur venomena dalam penelitian dimana instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Kemudian menyusun pedoman wawancara yang berisi pertanyaan, serta pedoman observasi dan beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Dengan metode kualitatif dan analisis data bersifat reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini memberikan informasi tentang dampak yang di timbulkan dari penggunaan handphone bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare baik dari segi positif, maupun negatif. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar bagi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare yaitu faktor keluarga, lingkungan, handphone, pendidik, dan peraturan. Kemudian yang menjadi faktor penghambat terhadap motivasi belajar seperti faktor internal dan faktor eksternal sedangkan faktor pendukung motivasi peserta didik yaitu faktor internsik dan faktor eksternsik.

Item Type: Conference (Paper)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Halik Abdul
Date Deposited: 18 Aug 2021 08:48
Last Modified: 18 Aug 2021 08:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2534

Actions (login required)

View Item View Item