Cahayani, Riska (2019) Efektivitas Strategi Belajar Heuristik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VII.3 SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
14.1100.132 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
14.1100.132 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
14.1100.132 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
14.1100.132 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
14.1100.132 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
14.1100.132 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
14.1100.132 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Strategi heuristik merupakan peserta didik sendiri yang harus mencari data atau fakta, memecahkan masalah dan mempresentasikannya. Oleh karena itu strategi heuristik kurang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu prinsip strategi heuristik dapat mendorong peserta didik berfikir ilmia, kreatif, inovatif, percaya diri, terbuka, dan mengembangkan berfikir mandiri. Adapun tahapan-tahapan pelaksanaan strategi heuristik ada 6 yaitu: orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru Pendidikan Agama Islam kelas VII.3 SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang Tahun 2018-2019. Sampel penelitian ini sebanyak 22 peserta didik, dari 88 peserta didik menjadi populasi. Sedangkan objek penelitian adalah strategi belajar heuristik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini jenisnya penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen, desain eksperimen penelitian ini adalah pre-eksperimental bentuk one-group pretest-postest design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara keadaan sebelumnya dan sesudahnya, dengan menggunakan bentuk E = 01 x 02. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi (pengamatan), tes (pretest-posttest), treatment (perlakuan), dan dekomentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Upaya hasil belajar peserta didik sebelum treatment strategi heuristik, nilai rata-rata cukup dengan presentase 56,82 %. (2) Kemudian setelah upaya treatment strategi heuristik, terdapat nilai rata-rata presentase 78,64 %. Maka dikatakan adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam setelah hasil post-test yang dibagikan. (3) Terdapat Efektivitas Strategi Belajar Heuristik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VII.3 SMP Negeri 2 Suppa Kabupaten Pinrang. Penelitian ini berdasarkan diperolehnya thitung = 7,896 ≥ ttabel = 2,085 maka ho dan ha diterima. Oleh karena perolehan penghitungan antara thitung = 7,896 lebih besar dibanding dengan ttabel = 2,085. Terdapat peningkatan kemampuan hasil belajar Pendidikan Agama Islam setelah strategi belajar heuristik diterapkan pada peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 2 Suppa, Kabupaten Pinrang ini dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Belajar Heuristik, dan Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:48
Last Modified: 30 Apr 2021 02:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2300

Actions (login required)

View Item View Item