Peran Media Radio Mesra Terhadap Peningkatan Layanan Publik di Kota Parepare (Studi Program Obrolan Sana Sini)

Arasy, Muhammad (2019) Peran Media Radio Mesra Terhadap Peningkatan Layanan Publik di Kota Parepare (Studi Program Obrolan Sana Sini). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
12.3100.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah skripsi ini bagaimana peran media radio mesra terhadap peningkatan layanan publik di Kota Parepare. Dan bagaimana konstribusi program acara obrolan sana sini di radio mesra terhadap peningkatan layanan public di Kota Parepare. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran media radio mesra terhadap peningkatan layanan public di Kota Parepare dan mengetahui konstribusi program acara obrolan sana sini di radio mesra terhadap peningkatan layanan public di Kota Parepare.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Lokasi penelitian di studio radio mesra FM. Focus penelitian yaitu Obrolan Sana Sini, Peningkatan layanan public melalui radio mesra. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu wawancara dan observasi. Data sekunder, yaitu studi kepustakaan dan bahan tertulis maupun teori. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode induktif.

Hasil penelitian menunjukkan peran historis obrolan sana sini radio mesra 15 tahun terakhir merupakan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar melalui radio. Pelaksanaan agenda setting representasi, persuasi, dan persistensi sejalan dengan prinsip “apa yang anda lihat, dengar dan rasakan”, sebagai bukti peran obrolan sana sini terhadap peningkatan layanan public di Kota Parepare. Konstribusi obrolan sana sini terhadap peningkatan layanan public di Kota Parepare adalah terjalinnya kerja sama warga dan pemerintah, kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar, terciptanya gerak cepat dan tepat dari pemerintah atas penjaminan kenyamanan masyarakat. Saran yang diberikan adalah perlunya disisipkan hiburan yang bersifat kekinian agar para pendengar tidak merasa bosan, radio mesra FM diharapkan terus mengembangkan teknologi dan meningkatkan jangkauan agar dapat didengar oleh masyarakat luas, duari yang digunakan perlu ditambah agar pembahasan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Radio, Layanan Publik
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Dec 2019 18:38
Last Modified: 02 Dec 2019 18:38
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item