Manajemen Pondok Pesantren Al-Badar Bilalang dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri MTS

Farid, Surahmat (2021) Manajemen Pondok Pesantren Al-Badar Bilalang dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri MTS. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text (Full Text)
15.3300.014.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak pondok pesantren dalam meningkatkan minat belajar santri. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi atau penerapan manajemen yang dilaksanakan dalam pondok pesantren serta program atau pembinaan yang ada di dalamnya karena pondok pesantren ini dapat bersaing dengan pondok pesantren yang lain.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar santri cukup baik dilihat dari banyaknya program atau pembinaan yang diikuti serta peningkatan kemampuan santri. Minat santri diketahui melalui tes bakat dan minat pada awal masuk pondok pesantren sehingga dilakukan pengelompokan. Selain itu, latar belakang atau prestasi santri pada sekolah sebelumnya juga berpengaruh dalam pengelompokan santri. (2) upaya pondok pesantren dalam meningkatkan minat belajar santri tidak terlepas dari manajemen yang diterapkanyaitu dengan perencanaan yang matang seperti program-program dan pembinaan yang akan dilaksanakan, merancang kurikulum yang akan diajarkan. Pengorganisasian juga dilakukan guna pemberian tugas dan tanggung jawab kepada tenaga pendidik dan para staf sehingga masing-masing telah mengetahui apa yang harus dilakukannya. Pelaksanaan atau penggerakan merupakan realisasi dari perencanaan dan pengorganisasian. Seperti para pelaksanaan kurikulum yang ada ini bergantung pada metode yang digunakan oleh tenaga pendidik tersebut. Selain itu, pelaksanaan pada pembinaan atau program pondok juga bergantung pada kelengkapan fasilitas dan model pembinaan yang akan di terapkan. Yang terakhir adalah evaluasi yang dilaksanakan sebagai bahan pertimbangan pada perencanaan berikutnya serta melihat sejauh mana keberhasilan yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pondok Pesantren, Al-Badar Bilalang Kota Parepare.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:52
Last Modified: 21 Oct 2022 06:52
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4193

Actions (login required)

View Item View Item