Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Minat Belajar Santriwati Kelas X Keagamaan MA Ummul Mukminin Aisyiyah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

Syukur, Mawar (2022) Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Minat Belajar Santriwati Kelas X Keagamaan MA Ummul Mukminin Aisyiyah Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text (Full Text)
18.3300.006.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak pondok pesantren MA Ummul Mukminin tenaga pendidik maupun pengelola dalam meningkatkan minat belajar santriwati kelas X keagamaan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengelolaan atau penerapan manajemen yang dilaksanakan dalam pondok pesantren MA serta program atau pembinaan yang ada di dalamnya karena pondok pesantren ini dapat bersaing dengan pondok pesantren yang lain.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar santriwati kelas X keagamaan cukup baik dilihat dari proses PBM dan program yang diikuti serta peningkatan kemampuan santriwati. Minat santriwati diketahui melalui tes bakat dan minat yang dilakukan oleh IPM kemudian dilakukan pengelompokan ekstrakulikuler maupun komunitas. Selain itu, latar belakang atau prestasi santriwati pada sekolah sebelumnya juga berpengaruh dalam pengelompokan santriwati. (2) upaya pondok pesantren dalam meningkatkan minat belajar santriwati tidak terlepas dari manajemen yang diterapkan yaitu dengan perencanaan yang matang seperti program-program dan pembinaan yang akan dilaksanakan, merancang kurikulum yang akan diajarkan. Pengorganisasian juga dilakukan guna pemberian tugas dan tanggung jawab kepada tenaga pendidik dan para pengelola tata usaha atau staf sehingga masing-masing telah mengetahui apa yang harus dilakukannya. Pelaksanaan atau penggerakan merupakan realisasi dari perencanaan dan pengorganisasian. Seperti pada pelaksanaan kurikulum yang ada, ini bergantung pada metode yang digunakan oleh tenaga pendidik tersebut. Selain itu, pelaksanaan pada pembinaan atau program pondok juga bergantung pada kelengkapan fasilitas dan model pembinaan yang akan di terapkan. Yang terakhir adalah evaluasi yang dilaksanakan sebagai bahan pertimbangan pada perencanaan berikutnya serta melihat sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pengelolaan SDM, Minat Dakwah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:39
Last Modified: 21 Oct 2022 06:39
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4180

Actions (login required)

View Item View Item