Norma, Norma (2022) Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 2 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
18.1900.003.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Manajemen kelas merupakan suatu kegiatan mengorganisasikan segala sumber daya yang ada dalam kelas untuk menciptkan pebelajaran yang efektif dan efisien. Keefektifan manajemen kelas merupakan syarat dalam pembelajaran agar kondisi kelas tetap terjaga sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, kemampuan guru dalam menguasai materi yang ia ajarkan tentunya berpengaruh pada tingkat pemahaman siswa dalam menangkap materi yang disampaikan. Bukan hanya itu, guru harus mampu mengelolah kelas agar proses belajar mengajar dapat terlaksana sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen guru terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitan ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel yaitu metode Sampling Random. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil perhitungan angka persentase kecenderungan jawaban responden yang berjumlah 193 terhadap variabel manajemen kelas dengan perolehan angka 71,67%. Artinya manajemen kelas tergolong tingkat kategori kuat atau baik. Pada variabel prestasi belajar dengan perolehan angka sebanyak 69% artinya prestasi belajar peserta didik tergolong tingkat kategori sangat baik. Dan pengujian koefisien regresi melalui uji t dengan perolehan nilai thitung = 0,208 < dari ttabel = 1,972 ini menunjukkan bahwa manajemen kelas guru berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Parepare dengan tingkat hubungan yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas Guru dan Prestasi Belajar Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:09
Last Modified: 20 Oct 2022 08:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4174

Actions (login required)

View Item View Item