Sukma, Mega Adi (2021) Hubungan implementasi etika peserta didik dengan prestasi belajar PAI peserta didik di SMKN 3 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.1100.018.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Etika diartikan sebagai seperangkat prinsip moral yang membedakan apa yang benar dan apa yang salah. Etika merupakan bidang normatif, karena menentukan dan menyarankan apa yang seharusnya orang lakukan atau hindarkan. Implementasi etika peserta didik, yaitu tindakan yang menunjukkan perilaku yang baik, sehingga membentuk sikap yang tulus, rajin, sopan, pantang menyerah, tekun dan fokus.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan implementasi etika peserta didik dengan prestasi belajar PAI peserta didik kelas XII di SMKN 3 Pinrang. Jenis Penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 76 peserta didik dari 320 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel penelitian menggunakan teknik Simpel Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket. Teknik analisis data yang digunakan dengan deskriptif dan inferensial dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi ettika peserta didi di SMKN 3 Pinrang termasuk kategori sangat tinggi yaitu 0,9628 atau 96,28% dengan nilai sig = 0.000 < α (0.05), maka H0 Ditolak. (2) Prestasi belajar PAI peserta didik di SMKN 3 Pinrang termasuk kategori tinggi yaitu 0,8739 atau 87,39% dengan nilai sig = 0.000 < α = 0.05, maka H0 Ditolak. (3) Terdapat hubungan yang signifikan implementasi etika peserta didik dengan prestasi belajar PAI peserta didik di SMKN 3 Pinrang Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar rhitung = 0,759 > 0,2257 pada taraf signifikan 5%. dan berada di koefisien interval dari 0.60-0.799 yang berarti mempunyai tingkat hubungan yang kuat. Besarnya kontribusi yang diberikan oleh variabel implementasi etika peseerta didik dengan prestasi belajar PAI peserta didik sebesar 57% sedangkan sisanya ditentukan oleh hubungan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi etika peserta didik, Prestasi belajar PAI peserta didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:09
Last Modified: 23 Jun 2022 06:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3663

Actions (login required)

View Item View Item