Setiawan, Andi Ahmad (2020) Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 2 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak] Text (Sampul dan Abstrak)
15.1100.090 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
15.1100.090 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
15.1100.090 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
15.1100.090 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
15.1100.090 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
15.1100.090 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
15.1100.090 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Minat merupakan salah satu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan yang sangat penting yang harus ada dalam suatu proses pembelajaran karena dengan adanya minat inilah yang akan menimbulkan keinginan pada diri individu itu sendiri untuk memperhatikan dan mengikuti proses pembelajaran itu secara serius dan seksama. Minat ialah suatu dorongan yang menyebabkan terikatnya perhatian individu pada objek tertentu seperti pekerjaan, pelajaran, benda, dan orang. Minat berhubungan dengan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dan merupakan sumber motivasi untuk melakukan apa yang diinginkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dengan desain penelitaannya adalah kuantitatif korelasional dan teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah purposive sampling (non rondom sampling) dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan keseluruhan jumlah populasi yang dijadikan sebagai sample yang berjumlah 172 populasi dan 34 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) minat belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Parepare dikategorikan sedang yaitu sebesar 78,52%. Rata-rata yang diperoleh mean sebesar 78,53, varians 80,014, standar deviasi 8,945. (2) Hasil belajar Pendidikan Agama IslamP peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Parepare dikategorikan tinggi yaitu sebesar 85,88%. Rata-rata yang diperoleh mean sebesar 85,88, varians 16,834, standar deviasi 4,103. (3) Berdasarkan hasil perhitungan SPSS versi 16 pada tabel correlations diperoleh nilai koefisien korelasi nilai rxy = 0,483 nilai ini menunjukkan adanya hubungan positif (searah) artinya jika terjadi peningkatan minat belajar maka hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas VIII juga mengalami peningkatan. Berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Hasil perhitungan menunjukkan rxy = 0,483 > r-tabel pada taraf signifikansi 5%, maka H0 ditolak, berarti terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Parepare pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:09
Last Modified: 14 Jun 2022 04:09
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3617

Actions (login required)

View Item View Item