Hidayatullah, Hidayatullah (2022) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Based Learning di Kelas VII MTs Yasrib Batu-Batu. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1600.012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di kelas pada mata pelajaran matematika pada dasarnya menggunakan buku cetak sebagai bahan ajar. Penggunaan buku cetak dianggap sudah umum digunakan, sehingga peneliti mencoba untuk mengembangkan suatu bahan ajar dengan menggunakan software kvisoft flipbook maker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar matematika menggunakan kvisoft flipbook maker berbasis problem based learning di kelas VII MTs Yasrib Batu-Batu, serta untuk mengetahui kualitas bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan mengacu pada modifikasi dari Model Pengembangan Borg and Gall dan Model Pengembangan Instruksional (MPI) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: Pertama, tahap pendahuluan yang meliputi Research and Information Collecting (tahap pengumpulan informasi), Planning (perencanaan). Kedua, tahap pengembangan yang meliputi Menulis Tujuan Instruksional, Menyusun Alat Penilaian Hasil Belajar, Menyusun Strategi Instruksional, Mengembangkan Bahan Instruksional, Validasi dan Revisi. Ketiga, tahap evaluasi dan revisi yang meliputi Preliminary Field Testing (uji coba lapangan awal), Main Product Revission (revisi hasil uji coba), Main Field Testing (uji lapangan produk utama), Operational Product Revision (revisi produk), Dissemination and Implementation (diseminasi dan implementasi). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon siswa dan guru, serta tes hasil belajar siswa. Adapun hasil penelitian pegembangan ini adalah (1) Valid, hasil validasi bahan ajar yaitu: (a) Validasi ahli materi aspek kelayakan isi sebesar 3,8 kategori sangat valid, aspek kelayakan penyajian sebesar 3,7 kategori sangat valid, aspek penilaian Bahasa sebesar 3,7 kategori sangat valid. (b) Validasi ahli media sebesar 3,9 kategori sangat valid. (2) Praktis, hasil angket respon siswa sebesar 3,6 kategori sangat praktis, angket respon guru sebesar 3,6 kategori sangat praktis. (3) Efektif, hasil analisis tes hasil belajar siswa menggunakan SPSS yaitu: (a) Hasil uji Paired Sample T-Test diperoleh bahwa nilai Sig = 0,001 lebih kecil dari 0,05 artinya H0 ditolak dan otomatis H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar. (b) Hasil uji N-Gain diperoleh bahwa rata-rata ¬N-Gain sebesar 0,71 artinya efektifitas bahan ajar berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, kvisoft flipbook maker, problem based learning
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 13 May 2022 06:22
Last Modified: 13 May 2022 06:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3534

Actions (login required)

View Item View Item