Ahdar, Ahdar (2021) Ilmu Pendidikan. IAIN Parepare Nusantara Press, Parepare. ISBN 9786 236 622933

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
Ilmu Pendidikan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu spesies makhluk hidup di bumi ini adalah manusia. Keberadaannya pertama kali di bumi ini tidak diketahui secara pasti. Sejarah panjangnya merupakan rangkaian peristiwa yang terputus-putus. Namun, sebagaimana kita pikirkan bahwa keberadaan bumi seharusnya mendahului keberadaan manusia sebagai penghuni di atasnya. Walaupun mungkin saja terjadi, sebelum menghuni bumi ini, manusia telah berada di tempat lain kemudian mengadakan eksodus ke atas bumi. Teori evolusi mengatakan bahwa alam ini, termasuk manusia yang berada di dalamnya berkembang secara evolusionis (berubah atau berkembang secara perlahan) dari mahkluk yang sangat sederhana yang berkembang sedemikian rupa menjadi makhluk yang lebih kompleks. Perjalannya yang sangat panjang itu menceritakan perkembangan tahap demi tahap sampai menjadi manusia seperti sekarang ini. Prediksi ke depan, manusia terus akan berkembang dan mengalami transformasi ke bentuk manusia lainnya yang lebih komleks. Golongan Realisme (orang yang beranggapan bahwa realitas ini bersifat bendawi), golongan materialisme (orang yang beranggapan bahwa alam ini merupakan wujud gerak mukanistik) dan Atheis (orang yang tidak percaya pada Tuhan) berpandangan demikian. Bagi mereka, yang paling penting bagi manusia adalah jasadnya (jasmaninya). Jiwa (ruhani) bersifat bayangan dari jasmani yang bersifat bendawi. Hal demikian tentu sangat berbeda dengan apa yang Anda pikirkan, bahwa manusia mempunyai aspek ruhani yang berbeda dengan aspek jasmani.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Jan 2022 08:37
Last Modified: 04 Jan 2022 08:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item View Item