Muawiah, Sri (2021) Model Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Peserta Didik Kelas V pada Masa Covid- 19 di SD Negeri 128 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
17.1100.034 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
17.1100.034 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
17.1100.034 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
17.1100.034 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
17.1100.034 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
17.1100.034 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
17.1100.034 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model pendampingan orang tua dalam belajar anak merupakan pola dan upaya yang dilakukan oleh keluarga, khususnya orang tua dalam menemani, membimbing, mengarahkan, memberikan fasilitas belajar, serta memenuhi kebutuhan dari anak ketika ia menghadapi masalah atau kesulitan dalam proses belajar, dan memberikan pengawasan ke anak ketika sedang belajar. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana model pendampingan orang tua dalam pembelajaran Pendidikan agama islam terhadap peserta didik kelas V pada masa covid-19, bagaimana hasil belajar peserta didik dengan adanya model pendampingan orang tua dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap peserta didik kelas V pada masa covid- 19, serta apa saja tantangan dan hambatan model pendampingan orang tua dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap peserta didik kelas V pada masa covid- 19 di SD Negeri 128 Pinrang. Tujuannya untuk mengetahui model pendampingan orang tua dalam pembelajaran Pendidikan agama islam terhadap peserta didik kelas V pada masa covid-19 di SD Negeri 128 Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research dengan desain penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil data dalam bentuk kata-kata atau gambar dari pada angka-angka. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Tempat penelitian di SD Negeri 128 Pinrang dengan waktu penelitian dilakukan selama kurang lebih satu bulan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendampingan orang tua dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap peserta didik kelas V pada masa covid- 19 di SD Negeri 128 Pinrang yaitu orang tua memberikan pendampingan dengan model interktif berbasis internet, model pembelajaran konseptual berbasis aplikasi belajar, dan model otoriter, orang tua menyediakan fasilitas, orang tua mengatur waktu belajar anak di rumah, orang tua mengetahui kesulitan-kesulitan belajar anaknya dan membantu mengatasi kesulitan belajar anaknya, serta memberikan motivasi dan hadiah yang dapat meningkatkan semangat belajar anak. Hasil belajar pelajaran pendidikan agama Islam peserta didik mengalami peningkatan, sesuai dengan nilai rapor hasil belajar 16 peserta didik terdapat 10 peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar, 3 peserta didik tidak mengalami peningkatan dan penurunan hasil belajar dan 3 peserta didik mengalami penurunan hasil belajar. Adapun tantangan dan hambatan yang dialami oleh orang tua dan peserta didik selama pembelajaran daring pada masa covid- 19: Kurangnya pemahaman materi oleh orang tua peserta didik, kesulitan menumbuhkan minat belajar, kesulitan dalam mengoperasikan smartphone dan kendala terkait jangkauan layanan internet, serta tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak belajar dirumah karena harus bekerja dan memiliki kesibukan yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pendampingan Orang Tua, pembelajaran PAI, Covid- 19
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 29 Oct 2021 12:33
Last Modified: 29 Oct 2021 12:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2723

Actions (login required)

View Item View Item