Irvany, Reny (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Drill Terhadap Keaktifan Belajar Fiqih Pada Peserta Didik Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.068 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.068 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.068 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.068 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.068 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.068 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.068 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penerapan metode pembelajaran drill terhadap keaktifan belajar atau latihan merupakan cara yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan memberikan latihan-latihan kepada peserta didik sesuai dengan materi dalam satu mata pelajaran yang dipelajari oleh peserta didik, dengan begitu peserta didik dapat memperoleh suatu ketangkasan, kesempatan, ketepatan dan keterampilan tertentu. Kata latihan mengandung arti bahwa satu kegiatan harus diulang-ulang dalam suatu kondisi yang berubah-ubah sehingga menuntut respon yang berbeda, maka keterampilan akan lebih sempurna, karena hal semacam ini harapan pelajaran yang telah diberikan kepada peserta didik dapat mengingat dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan terjuan langsung ke lapangan dan instrument pengumpulan data digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis kualitatif dengan cara menyederhanaka data yang diambil dan menari kesimpulan dan valid. Pernyataan tentang metode drill sangat efektif dalam pelatihan praktek shalat dan bacaan shalat, sebagai kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran drill dapat dilakukan dlam berbagai kegiatan belajar, baik secara lisan maupun secara tulisa, dalam bentuk mental fisik. Meskipun metode ini dapat digunakan dalam berbagai kegiatan belajar, bukan berarti metode ini dilaksanakan tergantung kebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penerapan pembelajaran metode drill
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 18 Oct 2021 01:24
Last Modified: 18 Oct 2021 01:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2710

Actions (login required)

View Item View Item