Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pedagang berjualan di luar pasar Lakessi Kota parepare

Zainuddin, Nur Afika (2017) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pedagang berjualan di luar pasar Lakessi Kota parepare. Undergraduate thesis, STAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13.2200.079.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Retribusi adalah pembayaran kepada Negara bagi mereka yang menggunakan jasa Negara. Karena adanya penarikan retribusi di pasar Lakessi kebanyakan pedagang berjualan di luar pasar Lakessi. Adapun faktor yang mempengaruhi pedagang berjualan di luar pasar Lakessi adalah sewa kios, pembayaran listrik, iuran kebersihan. Pendapatan terhadap pedagang berjualan di luar Pasar Lakessi seperti modal, pegalaman usaha, jam kerja. Oleh karena itu pedagang berjualan di luar pasar Lakessi tidak bisa memasuki pasar karena adanya penarikan retribusi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel penarikan retribusi dan variabel pendapatan terhadap pedagang berjualan di luar Pasar Lakessi Kota Parepare serta mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap pedagang berjualan di luar Pasar Lakessi Kota Parepare.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner (angket), interview (wawancara), survei dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik editing dan analisis regresi linear.

Hasil penelitian menunjukkan: 1). Berdasarkan pada perhitungan regresi linear, maka dapat disimpulkan bahwa penarikan retribusi terhadap pedagang berjualan di luar Pasar Lakessi dianggap kurang baik karena hasil menunjukkan ada pengaruh signifikan yang positif terhadap variabel X1 (Penarikan Retribusi) dengan variabel Y (Pedagang Berjualan Di Luar Pasar Lakessi). 2). Dari hasil perhitungan regresi linear berganda, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa pendapatan terhadap pedagang berjualan di luar Pasar Lakessi dianggap baik karena hasilnya menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan yang positif. 3). Adapun variabel yang berpengaruh dominan terhadap pedagang berjualan di luar pasar lakessi kota Parepare adalah penarikan retribusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 17 Jul 2018 18:44
Last Modified: 22 Aug 2019 23:22
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item