Penerapan Marketing Mix Pada Usaha Tahu Tempe di UD. Sriwijaya Parepare (Perspektif Hukum Ekonomi Islam)

Zuleha, St. (2020) Penerapan Marketing Mix Pada Usaha Tahu Tempe di UD. Sriwijaya Parepare (Perspektif Hukum Ekonomi Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img] Text (Sampul dan Abstrak)
16.2200.031 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1)
16.2200.031 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2)
16.2200.031 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[img] Text (BAB 3)
16.2200.031 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[img] Text (BAB 4)
16.2200.031 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)
[img] Text (BAB 5)
16.2200.031 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.2200.031 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Penerapan Marketing Mix Pada Usaha Tahu Tempe Di UD. Sriwijaya Parepare (Perspektif Hukum Ekonomi Islam). Terdiri dari 2 (dua) permasalahan, yaitu : 1) Bagaimana usaha tahu tempe di UD. Sriwijaya Parepare dalam menerapkan marketing mix (bauran pemasaran; 2) Bagaimana penerapan marketing mix pada usaha tahu tempe di UD. Sriwijaya Parepare berdasarkan perspektif hukum ekonomi Islam.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field reaserch) yang menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih penulis yaitu bertempat di UD. Sriwijaya Parepare. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk menguraikan permasalahan dan pengumpulan fakta secara menyeluruh.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang dilakukan UD. Sriwijaya Parepare yaitu dari segi produk UD. Sriwijaya lebih mengutamakan kualitas dan pelayanan, adapun produknya yaitu tempe, tahu mentah, dan tahu goreng. UD. Sriwijaya menetapkan harga yang murah sesuai kemampuan daya beli masyarakat dan menyesuaikan harga bahan baku. Strategi tempat yaitu UD. Sriwijaya memberikan kemudahan akses bagi konsumen yang ingin belanja langsung di sana, serta menyediakan jasa antar tanpa ada biaya pengantaran. Strategi promosi yang dilakukan UD. Sriwijaya yaitu metode personal selling dengan cara menawarkan langsung ke pembeli; 2) Menurut perspektif hukum ekonomi Islam penerapan marketing mix pada UD. Sriwijaya sudah sesuai dengan pemasaran Islam yaitu dari segi produk mengedepankan kualitas produk, menetapkan harga sesuai dengan kualitas produk, tempat/saluran distribusi yaitu memberikan kemudahan bagi konsumen dengan adanya layanan antar serta akses yang mudah dijangkau, promosi selalu bersikap jujur, dan menerapkan prinsip syariah yang terdiri dari Rabbaniyah, Etis, Realistis, dan Humanistis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: marketing mix, pemasaran syariah, produk tahu tempe
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Muamalah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 03 Sep 2021 08:53
Last Modified: 03 Sep 2021 08:53
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2571

Actions (login required)

View Item View Item