Mukarrama, Mukarrama (2020) Korelasi antara ketersediaan sumber belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1200.040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang korelasi antara ketersediaan sumber belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara ketersediaan sumber belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen angket yang dibagikan kepada peserta didik di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Pinrang yang berisikan 30 item pertanyaan dari 15 Angket item pertanyaan tentang ketersediaan sumber belajar dan nilai raport untuk mengukur prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan Madrasah Aliyah Negeri Pinrang di kelas X dalam ketersediaan sumber belajar dikategorikan sedang berdasarkan hasil analisis data skor pada rumusan masalah pertama atau variabel ketersediaan sumber belajar (X). Skor total variabel ketersediaan sumber belajar yang diperoleh dari hasil penelitian adalah 9115, skor tertinggi variabel ini setiap responden 5 x 15 = 75 dan memiliki responden sebanyak 156 orang, maka skor kriterium adalah 75 x 156 = 11.700, maka ketersediaan sumber belajar adalah 9115: 11.700 = 0.7790 atau 77.90% dari kriterium yang ditetapkan. Jadi dapat disimpulkan bahwa ketersediaan sumber belajar termasuk kategori sedang. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa yang dilakukan Madrasah Aliyah Negeri Pinrang di kelas X dalam prestasi belajar peserta didik (Y) berada dalam kategori tinggi yaitu pada interval 80-89 dengan rata-rata prestasi belajar peserta didik adalah 84.80. Terdapat korelasi antara ketersediaan sumber belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Menggunakan rumus korelasi product moment. Dengan hipotesis jika jika rxy ≥ rtabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan α 5%. Untuk mengetahui ada pengaruh atau tidak ada pengaruh ketersedian sumber belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Pinrang, maka telah diuji korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment tersebut, maka diperoleh rxy=744 ≥ rtabel=0,135 maka H0 ditolak dan Ha di terima. Bahwa tingkat mengetahui korelasi antara ketersediaan sumber belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Pinrang berada dalam kategori kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ketersediaan sumber belajar, prestasi belajar peserta didik, bahasa Arab
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Oct 2020 00:37
Last Modified: 14 Oct 2020 00:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1838

Actions (login required)

View Item View Item