Suprijono, Agus (2020) New Normal sebagai Stimulus Penguatan Pendidikan Karakter melalui Penerapan Model Pembelajaran Heutagogi. In: Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal (Ragam Perspektif Praktisi Pendidikan). IAINPAREPARE Nusantara Press, Parepare, pp. 1-19. ISBN 9786236622100

[thumbnail of Full Text]
Preview
Text (Full Text)
Agus Suprijono.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview

Abstract

New normal adalah transformasi sosial untuk bertahan hidup pada pandemi Covid-19. Di era new normal terjadi perubahan pola perilaku kehidupan sosial dan tatanan nilainya. Dibutuhkan sikap asertif dan altruistik masyarakat serta penerimaan nilai karakter kreatif, tanggung jawab, jujur, mandiri, disiplin dan peduli sosial. Sikap dan nilai karakter yang penting untuk menjamin social equilibrium. Menghadapi new normal pendidikan karakter sangat urgen. Pendidikan karakter sebagai proses sosial bertanggung jawab terhadap internalisasi sikap dan nilai-nilai karakter tersebut oleh peserta didik. Heutagogi adalah model pembelajaran kreatif yang signifikan bagi dunia pendidikan menghadapi new normal sebab heutagogi mengandung esensi pendidikan karakter. Berlandaskan filsafat pendidikan pogresivisme dan rekonstruksionisme, filsafat eksistensialisme, teori belajar humanisme dan konstruktivistik, dan pendekatan andragogi, heutagogi membangun kesadaran peserta didik tentang dunia eksistensi diri dan sosialnya. Sintaks model pembelajaran heutagogi dan bentuk kegiatan pembelajarannya memberikan dampak pengiring yakni membangun konsep diri peserta didik serta membangun kesadaran bahwa kebermaknaan individu karena dunia sosial. Dengan demikian heutagogi menjadi katup pencegah munculnya sikap agresif dan egois, suatu sikap yang dapat menghancurkan integrasi sosial di era new normal.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: New Normal, Pendidikan Karakter, Heutagogi, Model Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Nurleli Ramli
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:26
Last Modified: 17 Sep 2020 04:26
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item