Resiliensi Matematik Siswa Sekolah Dasar Melalui Edukasi VBA di Masa New Normal

Linda, Linda and Fitriani, Nelly and Bernard, Martin (2020) Resiliensi Matematik Siswa Sekolah Dasar Melalui Edukasi VBA di Masa New Normal. In: Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal (Ragam Perspektif Praktisi Pendidikan). IAINPAREPARE Nusantara Press, Parepare, pp. 275-291. ISBN 9786236622100

[img]
Preview
Text (Full Text)
Linda, dkk.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat dan menelaah resiliensi siswa yang menggunakan pembelajaran matematika berbasis Visual Basic Application (VBA) for Microsoft Excel pada masa new normal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, teknik pengambilan data secara daring. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Dasar. Sampel diambil secara purposive sampling yaitu siswa SDN Baros Mandiri 5 di salah satu sekolah di Kota Cimahi sebanyak 33 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket resiliensi matematik dan wawancara. Pengisian angket melalui google form, sedangkan wawancara dilakukan melalui zoom meeting. Hasil yang diperoleh yaitu sebesar 36,37% siswa sudah memiliki resiliensi yang baik melalui edukasi VBA. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa edukasi VBA for Microsoft Excel sangat mendukung resiliensi matematik siswa SD. Berdasarkan hal tersebut, edukasi VBA for Excel sangat baik untuk dikembangkan dan bisa membantu guru untuk mengajarkan konsep matematika, khususnya bagi guru yang berlatarbelakang bukan dari jurusan matematik sehingga efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Matematika, VBA, New normal.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Nurleli Ramli
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:24
Last Modified: 17 Sep 2020 04:24
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1710

Actions (login required)

View Item View Item