Mengkonstruksi Kesadaran Kritis dalam Pendidikan di Era New Normal: Telaah Perspektif Pedagogi Kritis

Imron, Ali (2020) Mengkonstruksi Kesadaran Kritis dalam Pendidikan di Era New Normal: Telaah Perspektif Pedagogi Kritis. In: Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal (Ragam Perspektif Praktisi Pendidikan). IAINPAREPARE Nusantara Press, Parepare, pp. 251-261. ISBN 9786236622100

[img]
Preview
Text (Full Text)
Ali Imron.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pedagogi harus dimaknai sebagai paradigma yang mampu melihat relasi dengan struktur sosial. Paradigma ini dikenal dengan pedagogi kritis, yakni melihat sekaligus mempertanyakan hubungan-hubungan kekuasaan yang ada di masyarakat, termasuk masyarakat pendidikan. Pedagogi kritis mengajarkan tentang kemampuan individu untuk beradaptasi sekaligus berinteraksi dengan struktur sosial yang selalu berubah. Perubahan metode dan model pembelajaran dari konvensioanal (tatap muka) ke arah digitalisasi pada masa pendemi Covid-19 harus disikapi secara kritis agar insan-insan pendidikan memahami bahwa perubahan ini bukan hanya karena faktor epidemiologis, namun terdapat relasi kekuasaan antar substruktur. Artikel ini menguraikan strategi mengkonstruksi kesadaran kritis dalam pendidikan di era new normal agar mampu mengimplementasikan budaya baru dalam praktik pendidikan dan pembelajaran, terutama dalam relasinya dengan perangkat teknologi. Kesadaran kritis dalam artikel ini ditelaah dengan perspektif pedagogi kritis Paulo Freire dan Henry Giroux. Bagi Freire, pendidikan harus didasarkan pada kesadaran manusia, meliputi kesadaran naif, kesadaran magis, dan kesadaran kritis. Sedangakn Giroux melihat bahwa sikap kritis harus dibarengi oleh keluasan wawasan dan kepekaan moral. Untuk mencapai kesadaran dan sikap kritis, terutama memasuki era new normal pendidikan, diperlukan pendidikan kritis yang berbasis pada realitas sosial. Pendidikan di era new normal harus mampu melakukan refleksi kritis terhadap ideologi dominan, menangkal ketidakadilan, dan menciptakan tatanan baru yang lebih adil.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: kesadaran kritis; pendidikan; new normal; pedagogi kritis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Nurleli Ramli
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:19
Last Modified: 17 Sep 2020 04:19
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

View Item View Item