Implementasi Mutual Adaptation dan Enactment Perspective di Masa Pandemi dan Era New Normal

Herawaty, Hasmiah (2020) Implementasi Mutual Adaptation dan Enactment Perspective di Masa Pandemi dan Era New Normal. In: Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal (Ragam Perspektif Praktisi Pendidikan). IAINPAREPARE Nusantara Press, Parepare, pp. 114-132. ISBN 9786236622100

[img]
Preview
Text (Full Text)
Hasmiah Herawaty.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview

Abstract

Kurikulum sebagai pedoman kegiatan pembelajaran bermakna panduan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam proses pendidikan untuk memberdayakan potensi peserta didik guna menghasilkan output pendidikan yang kompetitif. Berdasarkan realita, pandemi covid-19 mengakibatkan implementasi kurikulum yang sedang berlangsung tidak terlaksana baik akibat disrupsi sosial yang tidak terprediksi dan membuat dunia pendidikan tidak siap dengan kondisi tersebut. Sudah sepatutnya pendidik melakukan langkah re-design terhadap implementasi kurikulum berjalan sesuai permasalahan yang dihadapi dengan mengadopsi model-model kurikulum yang telah ada. Implementasi model mutual adaptation dan enactment perspective memiliki relevansi dengan perubahan kondisi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dialami pendidik dan peserta didik di masa pandemi covid-19 dan memasuki era kenormalan baru (new normal era). Mutual adaptation memusatkan perhatian adaptasi timbal balik antara pendidik dan peserta didik menyesuaikan kondisi yang terjadi dengan tetap berpedoman pada kurikulum inti diantaranya adaptasi awal di masa covid-19, dari komunikasi konvesional verbal dan non verbal ke arah daring sinkron dan asinkron. Implementasi enactment perspective memberi ruang edukatif pada pendidik dan peserta didik untuk berekspresi membawa pemahaman mereka secara otonomi tanpa terikat pada kurikulum berjalan didasari evaluasi pengalaman belajar sebelumnya. Memasuki era new normal pembelajaran full daring mengalami adaptasi ke blended learning dengan mengikuti pembagian zonasi berdasarkan perkembangan kondisi kesehatan kewilayahan

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Implementasi, model kurikulum, pandemi covid-19, era new normal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Nurleli Ramli
Date Deposited: 15 Sep 2020 23:11
Last Modified: 04 Nov 2020 07:12
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item