Penggunaan Metode Blended Learning di Perguruan Tinggi Menuju New Normal

Junaidi, Junaidi and Merta, M. Martindo (2020) Penggunaan Metode Blended Learning di Perguruan Tinggi Menuju New Normal. In: Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal (Ragam Perspektif Praktisi Pendidikan). IAINPAREPARE Nusantara Press, Parepare, pp. 97-113. ISBN 9786236622100

[img]
Preview
Text (Full Text)
Junaidi, dkk.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran secara daring diimplementasikan dengan beragam cara oleh pendidik di tengah penutupan sekolah/perguruan tinggi untuk mengantisipasi virus corona. Implementasi itu dinilai tidak maksimal dan menunjukkan masih ada ketidaksiapan di kalangan pendidik untuk beradaptasi di iklim digital. Selama ini pembelajaran online hanya sebagai konsep, sebagai perangkat teknis, belum sebagai cara berpikir, sebagai paradigma pembelajaran. Padahal, pembelajaran online bukan metode untuk mengubah belajar tatap muka dengan aplikasi digital, bukan pula membebani siswa dengan tugas yang bertumpuk setiap hari. Pembelajaran secara online dapat mendorong siswa menjadi kreatif mengakses sebanyak mungkin sumber pengetahuan, menghasilkan karya, mengasah wawasan dan ujungnya membentuk siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat. Di tengah pandemi Covid-19 ini, sistem pendidikan harus dapat disiapkan untuk melakukan transformasi pembelajaran daring bagi semua siswa dan semua pendidik. Untuk memasuki era baru dalam membangun kreatifitas, mengasah skill siswa dan pendidik, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola interaksi dengan teknologi.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Metode Blended Learning, Perguruan Tinggi, New Normal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Nurleli Ramli
Date Deposited: 15 Sep 2020 23:14
Last Modified: 15 Sep 2020 23:14
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item View Item