Saepudin, Saepudin (2012) Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab (Teori dan Praktik). TrustMedia Publishing, Parepare, Indonesia. ISBN 978-602-19049-5-8

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of cover.jpg]
Preview
Image
cover.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu aspek yang sangat menentukan keberhasilan suatu pembelajaran bahasa Arab adalah penggunaan teknik, selain dari tujuan, materi, media dan evaluasi pembelajaran. Dengan teknik yang tepat dan menarik materi yang biasa menjadi luar biasa. Namun demikian, perhatian para guru bahasa Arab terhadap penggunaan teknik yang bervariasi masih menjadi masalah. Mereka masih sulit meninggalkan teknik-teknik yang tradisional yaitu teknik yang menekankan pada tata bahasa dan terjemahan. Walaupun sudah banyak guru yang mulai melihat bahwa pembelajaran bahasa itu tidak hanya tentang bahasa tapi tentang bagaimana menggunakan bahasa Arab dalam konteks yang lebih nyata. Namun kegiatan tersebut masih menekankan pada latihan pola (pattern drill) yang masih bersifat mekanis dan tidak bermakna (meaningful). Untuk tujuan tersebut, teknik yang dibutuhkan adalah teknik yang dapat memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk menggunakan bahasa baik lisan maupun tulisan secara nyata.

Item Type: Book
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 06 May 2020 05:33
Last Modified: 06 May 2020 05:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item View Item