Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman Taharah Peserta didik KelasVII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Parepare

Wiwiyanti, Wiwiyanti (2019) Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman Taharah Peserta didik KelasVII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[img]
Preview
Text (Full text)
15.1100.031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Metode Demonstrasi merupakan suatu metode mengajar dimana seorang guru memperlihatkan atau mendemonstrasikan pada seluruh peserta didik dalam suatu kelas tentang suatu proses tata cara taharah, terkhusus pada penelitian ini yaitu tata cara wudu dan tayamum, materi wudu dan tayamum merupakan materi yang tidak hanya memerlukan pengetahuan secara teori saja, tetapi juga sangat memerlukan pengetahuan berupa praktik secara langsung agar dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya tentang pengaruh metode demonstrasi terhadap pemahaman taharah peserta didik kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Parepare. Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain One group pretest-posttest design dan pengumpulan data menggunakan metode tes performance (rubrik). Adapun teknik analisis datanya yaitu statistik deskriptif dan uji signifikansi nilai t serta menggunakan analisis uji ukuran pengaruh (effect size).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman taharah peserta didik pada mata pelajaran fikih, yaitu hasil pretest (rata-rata = 63,31; standar deviasi = 5,75) dan hasil posttest (rata-rata = 85,31; standar deviasi = 3,96), jadi dari hasil rata-rata pretest maupun posttest mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan nilai gain atau selisih perbedaannya sebesar 22,00. Adapun nilai thitung sebesar 18,45 untuk signifikansi 0,000 karena nilai sig < 0,05 maka H0 ditolak artinya hipotesis dapat diterima dan ini berarti metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman taharah peserta didik kelas VII MTs Negeri Parepare, serta melalui perhitungan manual uji ukuran pengaruh diperoleh nilai 0,93, karena 0,93 > 0,14 artinya metode demonstrasi memiliki pengaruh yang sangat besar atau large effect terhadap pemahaman taharah peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Pemahaman Taharah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Mar 2020 01:22
Last Modified: 04 Mar 2020 01:22
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item View Item