Studi Komparatif Manajemen Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Badar Parepare dan SMAN 5 Unggulan Parepare

Halik, Abdul (2007) Studi Komparatif Manajemen Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Badar Parepare dan SMAN 5 Unggulan Parepare. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Makassar.

[img]
Preview
Text (Full text)
TESIS UNISMUH MKSR 2007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (715kB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh sistem yang dibangun dalam institusi pendidikan. Pengembangan kualitas pendidikan urgen dilihat dari aspek kelebihan masing-masing sistem, baik sistem pondok pesantren maupun sistem sekolah umum. Pada saat yang sama, peserta didik memerlukan konsentrasi dan fokus dalam pembelajaran dengan kenyamanan, kegembiraan, dan kebahagiaan dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Aspek eskternal telah terjadi askelerasi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berimplikasi kepada transformasi tatanan sosial, baik dampak positif maupun dampak negatif. Oleh sebab itu, diperlukan sistem pendidikan di sekolah yang mampu melahirkan luaran yang unggul dan kompetitif di era globalisasi. Temuan dalam penelitian ini menegaskan bahwa sistem pendidikan boarding school yang menjadi alternatif pendidikan masa depan, dalam kerangka mempersiapkan luaran yang unggul, kompetitif, dan jauh dari sifat-sifat negatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Boarding School, Pondok Pesantren, SMA Unggulan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Halik Abdul
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:05
Last Modified: 06 Feb 2020 03:06
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item View Item