Manajemen Pembelajaran Berbasis Masalah di Perguruan Tinggi Islam

Sewang, Anwar and Halik, Abdul (2019) Manajemen Pembelajaran Berbasis Masalah di Perguruan Tinggi Islam. Gerbang Visual, Polewali. ISBN 978-623-92063-1-4

[img] Text (Full text)
PEMBELAJARAN BERBASIS MASAALAH_OK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Buku sederhana ini menelaah tentang sistem pembelajaran yang relevan di perguruan tinggi, khususnya pada Fakultas Tarbiyah (Pendidikan Islam). Mengeksplorasi perspektif Islam terhadap pembelajaran di tengah akselerasi teknologi informasi dan komunikasi. Menganalisis strategi pembelajaran yang selaras dengan gaya belajar mahasiswa, salah satunya adalah strategi pembelajaran berbasis masalah dan bersifat kontekstual. Mahasiswa sebagai generasi pelanjut, dipersiapkan menjadi pemimpinan umat dan negara, sejak dini penting diperkenalkan cara mengenal masalah, mencari musabab, relasi masalah, menemukan solusi, dan seterusnya. Mahasiswa dalam belajar penting dikembangkan potensi berpikir kritis, kreatif, dan inovatif sebagai tuntutan hidup di masa depan, di samping penguatan integritas kepribadian yang tangguh dan kemampuan mengembangkan relasi sosial. Ekspektasi dari karya buku sederhana ini adalah membangun sharing keilmuan menuju tradisi intelektual dalam melihat permaslahan pembelajaran mahasiswa secara objektif, rasional, dan proporsional.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Halik Abdul
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:36
Last Modified: 26 Oct 2020 22:43
URI: http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item View Item