Parawanti, Ayu (2019) Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Model Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbasis e-learning model blended learning merupakan sebuah model pembelajaran campuran antara pembelajaran tatap muka (konvensional) dan pembelajaran jarak jauh online. Pembelajaran tatap muka dibutuhkan agar mahasiswa dapat memahami dan mengerti dalam proses pembelajaran, namun pembelajaran online dibutuhkan agar kegiatan pembelajaran tatap muka menjadi lebih efektif dan efesien. Penggunaan teknologi dalam kehidpan terutama dalam dunia pendidikan dapat mempermudah kegiatan pembelajaran. Dengan adanya pembelajaran e-learning, mahasiswa lebih aktif, termotivasi, mampu bersosialisasi antara mahasiswa dan mahasiswa maupun mahasiswa dan dosen. Motivasi belajar merupakan suatu kebutuhan yang penting bagi mahasiswa, dalam artian memiliki motivasi yang tinggi sehingga dapat menimbulkan minat belajar yang tinggi dan dapat berhasil dalam mencapai tujuan mahasiswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis e-learning model blended learning terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif asosiatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertup dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) pembelajaran berbasis e-learnig model blended learning berada pada kategori sedang yaitu 79.0%. 2) motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidkan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare berada pada kategori sedang yaitu 74.4%. 3) terdapat pengaruh signifikan pembelajaran berbasis e-learnig model blende learning terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidkan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare, hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi Y= 3.769 + 0.678 x, koefisien korelasi sebesar 0.710 dan koefisien determinan sebesar 50.4%. Demikian, pembelajaran berbasis e-learnig model blended learning memberikan pengaruh sebesar 50.4% terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidkan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare, sementara 49.6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Learning Moodle, Blended Learning, Motivasi Belajar, Mahasiswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:45
Last Modified: 20 Jan 2020 07:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item