A.Siskawani, A.Siskawani (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X MIPA Di SMA Negeri 6 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Guru sebagai teladan dalam pendidikan, sehingga dapat diteladani akhlaknya di samping kemampuan keilmuan dan akademisnya.Seorang pendidik di tuntut membuat rancangan pembelajaran efektif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran agar peserta didik tertarik terus belajar dan dapat memahami materi yang disampaikan. Keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh berbagai faktor yang menjadi komponen dari proses pembelajaran. Salah satu komponen tersebut adalah strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan sebenarnya mengenai pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dan pengaruhnya terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X MIPA di SMA Negeri 6 Pinrang. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian kuantitatif asosiatif. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 65 peserta didik dari 132 peserta didik yang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif daninfrensial dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dikategorikan sangat tinggi 92% dan pemahaman peserta didik dikategorikan tinggi 81% maka dikatakan tinggi dikarenakan dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Make a Matchterhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X MIPA di SMA Negeri 6 Pinrang. Hal ini dapat dibuktikan dengan menganalisis data dari hasil angket yang dipilih responden. Dan berdasarkan pada uji regresi linear sederhan menunjukkaan bahawa nilai Y= 34,41 + 0,63 X, dari hasil uji regresi linear sederhan bahwa tingkat pembelajaran Pendidikan agama Islam berbanding lurus dengan pemahaman peserta didik dan pada uji hipotesis pada uji korelasi menunjukkan bahwa nilai R2 = 0,686 atau 0,686 x 100%= 68,6 % dan pada uji Sig thitung terhadap H1 menunjukkan nila thitung = 11,71˃ ttabel 1,99 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X MIPA di SMA Negeri 6 Pinrang dan konstribusi yang diberikan sebesar 68,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Pemahaman Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Jan 2020 02:13
Last Modified: 02 Jan 2020 02:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/982

Actions (login required)

View Item View Item