Nurhanisah, Nurhanisah (2018) Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dan Kemampuan Bahasa Arab terhadap Hasil Belajar Bidang Studi Al-Qur’an Hadis Peserta Didik Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al Mubarak DDI Tobarakka. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
13.1200.016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Kemampuan baca tulis Al-Qur’an merupakan pengetahuan dasar untuk lebih bisa memahami dan menerapkan bacaan-bacaan yang ada dalam Al-Qur’an. Karena syariatIslam sumbernya adalah Al-Qur’an dan Hadis yang keduanya menggunakan bahasa Arab. Al-Qur’an dan Hadis ini dipelajari dalam sebuah bidang studi yaitu Al-Qur’an Hadis. Pengetahuan baca tulis Al-Qur’an dan bahasa Arab ini diharapkan dapat mendukung pencapaian target pada bidang studi Al-Qur’an Hadis tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost Facto dengan pendekatan kuantitatif dan instrumen pengumpulan data digunakan observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan anlisis deskriptiff. Uji persyaratan analisi data menggunakan uji normalitas data, uji linieritas, dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan pengujian hipotesis ketiga menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan baca tulis Al-Qur’an terhadap hasil belajar bidang studi Al-Qur’an Hadis, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,028 dengan koefisien determinan sebesar 0,1%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan bahasa Arab terhadap hasil belajar bidang studi Al-Qur’an Hadis, hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi Rx2y sebesar 0,194, dengan koefisien determinan sebesar 3,8%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan baca tulis Al-Qur’an dan kemampuan bahasa Arab terhadap hasil belajar bidang studi Al-Qur’an Hadis peserta didik kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al Mubarak DDI Tobarakka, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi R sebesar 0,194 dengan koefisien determinan sebesar 2,9%, dan Fhitung sebesar 1,806 lebih besar dari Ftabel sebesar 0,202 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an, Bahasa Arab, Bidang Studi Al-Qur’an Hadis
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 12 Sep 2019 23:12
Last Modified: 12 Sep 2019 23:12
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item View Item