Bahira, Bahira (2018) Pengaruh ekspektasi orang tua pada anak terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri Padang Mawalle Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.152.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Ekspektasi orang tua pada anak merupakan suatu harapan yang ingin di capai dalam pendidikan baik pendidikan formal maupun non formal. Prestasi belajar pendidikan Agama Islam merupakan pencapain peserta didik yang berupa nilai atau angka setelah melalui proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekspektasi orang tua terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri Padang Mawalle, untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri Padang Mawalle. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dalam pengumpulan datanya menggunakan metode angket, dokumentasi, observasi dan interview/wawancara. Adapun analisis datanya menggunakan analisis SPSS. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ekspektasi orang tua pada anak berada pada kategori sedang yaitu 7,14%, hal ini dibuktikan dengan menganalisis hasil angket yang dibagikan sebanyak 48 responden (2) prestasi belajar pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri Padang Mawalle Kabupaten Polewali Mandar berada Pada kategori rendah yaitu 6,35%, hal ini dibuktikan dengan menganalisis hasil angket yang dibagikan sebanyak 48 responden (3) Terdapat pengaruh ekspektasi orang tua pada terhadap prestasi belajar pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri Padang Mawalle Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar. Berdasarkan uji signifikan menunjukkan thitung ≥ ttabel atau (2,416) ≥ (2,019), maka H0 ditolak dan diterimanya H1. dan koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,286 X 100% = 0,083%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Sep 2019 22:01
Last Modified: 04 Sep 2019 22:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item View Item