Pratiwi, Desy (2018) Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Peserta Didik SMA Negeri 4 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Guru Pendidikan Agama Islam sering diidentikkan sebagai salah satu sosok yang bertanggungjawab dalam hal pengembangan perilaku peserta didik di sekolah ke arah yang lebih baik. Untuk itu, guru Pendidikan Agama Islam harus mampu untuk berbaur dengan peserta didik dan menjalin komunikasi efektif agar mampu menjadi teladan dalam pembentukan perilaku peserta didik. Berkaitan dengan hal tersebut, maka guru Pendidikan Agama Islam harus memiliki kompetensi sosial yang memadai, kompetensi sosial adalah kemampuan untuk bergaul dan berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku peserta didik SMA Negeri 4 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket tertutup dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Uji prasyaratan analisis data menggunakan uji normalitas data dan uji linieritas data. Sementara untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 4 Parepare berada pada kategori cukup yaitu 74.4%, 2) perilaku peserta didik SMA Negeri 4 Parepare berada pada kategori cukup yaitu 72.7%, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku peserta didik SMA Negeri 4 Parepare. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 34.483 + 0.497X, koefisien korelasi sebesar 0.435 dan koefisien determinan sebesar 18.9%. Dengan demikian, kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam memberikan pengaruh sebesar 18.9% terhadap perilaku peserta didik SMA Negeri 4 Parepare, sementara 81.1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Sep 2019 19:21
Last Modified: 02 Sep 2019 19:21
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item