Rosdiana, Rosdiana (2018) Efektifitas Keterampilan Bertanya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
13.1100.124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Berdasarkan uraian dari latar belakang maka yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian adalah : Bagaimana penerapan keterampilan bertanya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Muhammadiyah Pinrang. Dan bagaimana efektifitas keterampilan bertanya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Muhammadiyah Pinrang. Adapun tujuan penelitian ialah : Untuk mengetahui efektifitas keterampilan bertanya pada peserta didik di SMP Muhammadiyah Pinrang. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik di SMP Muhammadiyah Pinrang melalui model keterampilan bertanya. Seorang pendidik perlu memberikan metode yang tepat dalam setiap pembelajaran karena itu peneliti fokus pada satu metode yaitu metode keterampilan bertanya agar peneliti dapat mengetahui apakah sangat efektif digunakan keterampilan bertanya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan bertanya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Muhammadiyah Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah korelasional dengan desain Product moment adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket dan observasi. Teknik analisis datanya ialah mencari hubungan korelasi antara (x) dan (y). Hasil penelitian dijelaskan bahwa : 1. Penerapan keterampilan bertanya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik sangat berperang penting dalam proses pembelajara. 2 Efektifitas keterampilan bertanya dalam meningkatkan hasil belajar, penggunaannya sangat efektif. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil pengelolaan data dengan uji signifikansi dan interpretasi korelasi product Moment diperoleh nilai = 0,975 = 0,244. Pada taraf dignifakansi α 5%, maka hipotesis alternative (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arwin Arwin
Date Deposited: 29 Aug 2019 22:49
Last Modified: 29 Aug 2019 22:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item