Nurfadillah, Nurfadillah (2019) Penanaman nilai-nilai keislaman pada anak usia dini melalui lagu keislaman pada RA DDI MAMMi kec. Binuang kab. Polman. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
13.1100.074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Penanaman nilai-nilai pada anak terdiri atas dua dimensi yaitu nilai-nilai ilahiyah dan niali-nilai insaniah. Bagi umat Islam, berdasarkan tema-tema al-Qur’an sendiri, penanaman nilai-nilai ilahiyah sebagai dimensi pertama hidup dimulai dengan pelaksanaan kewajiban-kewajiban formal agama berupa ibadah-ibadah. Lagu-lagu Islam yang merupakan semua lagu-lagu yang digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan materi akidah Islam sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanamna nilai-nilai keIslaman pada anak usia dini melalui lagu keIslaman pada RA DDI MAMMI kec. Binuang kab. Polman. Penelitian ini menggunakan pendidikan kualitatif dan dalam pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Instrumen atau wawancara, dan dokumentasi Analisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan selama penelitian berlangsung di RA DDI MAMMI, peneliti menemukan bahwa dalam proses pembelajaran yang dilakukan melalui lagu keIslaman berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan melalui Interaksi atau komunikasi antara Pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang dilakukan pada peserta didik, penanaman nilai-nilai keIslaman melalui lagu keIslaman dapat berjalan dengan baik. Sehingga dalam proses pembelajaran melalui lagu keIslaman dengan tujuan agar peserta didik dapat memahami nilai-nilai keIslaman disamping itu juga dapat tertanamkan dengan baik. Hal ini tidak lain karena peran seorang pendidik yang selalu memberikan pembiasaan terhadap peserta didik, arahan yang dilakukan melalui lagu keIslaman yang dapat membangkitkan semangat peserta didik untuk lebih antusias memahami nilai-nilai keIslaman yang disajikan oleh pendidik melalui nyanyian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arwin Arwin
Date Deposited: 29 Aug 2019 00:26
Last Modified: 29 Aug 2019 22:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item