Ratnasari, Desi (2019) Analisis SWOT pada Produk Tabungan BTN Prima dan Tabungan BTN Batara di Bank Tabungan Negara Syariah KCP Parepare (Studi Pengembangan Produk di BTN Syariah KCP Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
15.2300.154.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Analisis SWOT merupakan suatu metode perencanaan strategis untuk mengevaluasi faktor-faktor dari produk Tabungan BTN Priman dan Tabungan BTN Batara untuk melakukan pengembangan produk tersebut, yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Penelitian ini akan mencoba merumuskan bagaimana hasil dari analisis SWOT pada produk Tabungan BTN Prima dan Tabungan BTN Batara dan bagaimana strategi pengembangan produk yang digunakan pada Tabungan BTN Prima dan Tabungan BTN Batara. Penelitian ini dilakukan di BTN Syariah KCP Parepare.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan lapangan (field research) untuk menggali dan menganalisis data serta mendeskripsikan bentuk dari analisis SWOT dan strategi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT pada kedua produk tabungan masing-masing memiliki faktor eksternal dan internal yang berbeda-beda. Namun, terdapat faktor yang sama dari kedua produk yaitu dari segi kekuatan: dana dikelola berdasarkan prinsip syariah, setoran ringan dan pelayanan fountliner yang baik dan cepat. Kelemahannya yaitu kurangnya kualitas SDM pada bagian pemasaran dan transaksi penarikan melalui ATM lain dikenai biaya. Sedangkan faktor eksternal dari segi peluang yaitu memiliki potensi pasar yang baik, pertumbuhan nasabah yang cukup tinggi dan penempatan lokasi kantor yang strategis dalam mengembangkan produknya. Dan ancaman yang dihadapi yaitu adanya produk dari lembaga keuangan lain yang sejenis dengan kedua produk tersebut yang mengakibatkan adanya persaingan secara ketat. Strategi pengembangan produk yang digunakan oleh BTN Syariah KCP Parepare adalah strategi SO (memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut peluang yang ada) dan strategi WO (memanfaatkan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan yang dimiliki).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 12 Aug 2019 18:38
Last Modified: 12 Aug 2019 18:38
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item