Hakim, Abd (2019) Dampak pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar fiqh peserta didik pada kelas XI IPS di MAN 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
13.1100.091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini dilaksanakan selama ± dua bulan lamanya yaitu mulai bulan Juli sampai dengan September dengan tujuan, untuk mengetahui implementasi pembelajaran kontekstual pada bidang studi Fiqh, serta mendeskripsikan sebarapa besar dampak yang ditimbulkan terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di MAN 1 Parepare. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dimana lokasi yang dipilih sebagai objek untuk melakukan penelitian adalah MAN 1 Parepare, dengan memfokuskan penelitian pada tataran pengimplementasian pembelajaran kontekstual pada bidang studi fiqh dan dampaknya terhadap hasil belajar peserta didik. Agar diperoleh data terkait dengan fokus penelitian, maka peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi, sehingga untuk menganalisis data yang diperoleh maka digunakan teknik analisis Milles dan Huberman yang dilakukan dalam tiga langkah yaitu mereduksi data, melakukan penyajian data dan merumuskan kesimpulan (verifikasi). Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kontekstual pada bidang studi Fiqh berjalan sesuai dengan komponen-komponen yang terdapat dalam pembelajaran kontekstual, di mana guru mampu menistimulus kegiatan belajar peserta didik melalui metode belajar yang digunakan. Dampak yang ditimbulkan dari pembelajaran tersebut secara kognitif, tugas-tugas harian dan ulangan harian peserta didik mendapat nilai diatas standar yang telah ditetapkan oleh guru; secara afektif, mampu menyerap pelajaran dengan baik dan mudah, ketika peserta didik diberikan suatu pertanyaan secara spontan langsung dijawab, peserta didik lebih responsif dan terbuka menerima pengetahuan baru; sementara secara psikomotorik, menjadikan peserta didik aktif dalam bertanya, menuangkan ide dan gagasan, berdiskusi, dan mengerjakan tugas secara berkelompok serta terampil dalam menghubungkan materi pelajaran dengan kejadian-kejadian atau kasus yang pernah dialaminya atau yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari melalui pemberian contoh atau menampilkan peran (mendemonstrasikan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 05 Jul 2019 00:24
Last Modified: 19 Aug 2019 19:40
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item