Asmi, Nur (2022) Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Mendesain Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Al-Istiqamah Dolangan Kabupaten Mamuju. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of full text] Text (full text)
16.1200.015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini tentang kompetensi profesionalisme guru dalam mendesain pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Istiqamah Dolangan, dengan mengemukakan tiga rumusan masalah yaitu, bagaimana kompetensi profesionalisme guru bahasa Arab di MTs Al-Istiqamah Dolangan, bagaimana desain pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Istiqamah Dolangan, dan bagaimana kompetensi profesionalisme guru dalam mendesain pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Istiqamah Dolangan. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif, dengan menggunakan bentuk deskriptif kualitatif dan memilih beberapa informan untuk melakukan wawancara dan observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan atau field research dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kompetensi profesionalisme guru bahasa Arab di MTs Al-Istiqamah Dolangan kabupaten Mamuju sudah memiliki indikasi sebagai guru profesional. Hal ini dilihat dari hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa sebelum mengajar guru bahasa Arab terlebih dahulu menyiapkan RPP, kemudian mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam RPP, mengajarkan materi sesuai dengan kompetensi yang dicapai, serta menggunakan strategi mengajar yang disenangi oleh peserta didik. Desain pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Istiqamah Dolangan kabupaten Mamuju yaitu guru bahasa Arab menggunakan model desain pembelajaran dengan model Kemp, dimana model Kemp ini mengutamakan RPP sebagai pedoman dalam menghubungkan tujuan pembelajaran hingga tahapan evaluasi. Selain itu, guru bahasa Arab dalam menggunakan model Kemp sudah menyesuaikan situasi dan kondisi yang terdapat di sekolah dimana sarana dan prasananya masih kurang memadai. Kompetensi profesionalisme guru dalam mendesain pembelajaran bahasa Arab di MTs Al-Istiqamah Dolangan Kabupaten Mamuju sudah dapat dikatakan profesional walaupun bukan alumni bahasa Arab.Hal ini dilihat dari lamanya guru tersebut mengajar dan penguasaannya terhadap materi yang diajarkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional guru, desain pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: toni toni toni
Date Deposited: 20 Mar 2024 14:30
Last Modified: 28 Mar 2024 04:25
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5619

Actions (login required)

View Item View Item