Rahma, Nur (2023) Penggunaan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Ilmu Nahwu di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Addariah Patobong dan Kaitannya Dengan Pembelajaran di Dalam Kelas dan di Luar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1200.025.pdf] Text
19.1200.025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Metode sorogan merupakan suatu rencana menyeluruh yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan, memerlukan sejumlah langkah, prosedur, metode, dan kegiatan di dalam dan di luar kelas, terkait dengan metode penyusunan kurikulum, penulisan buku, memilih dan mengatur topiknya, metode evaluasi, teknik pengajaran, dan arahannya termasuk dalam panduan guru.Peserta didik menganggap bahwa pelajaran bahasa Arab sulit untuk dipahami dan masih kurang. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini yakni (1) Bagaimana penggunaan metode sorogan dalam pembelajaran ilmu nahwu di pondok pesantren manbaul ulum addariyah Patobong? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat metode sorogan dalam pembelajaran ilmu nahwu di pondok pesantren manbaul ulum addariyah Patobong? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh data bahwa : (1) penggunaan metode sorogan dalam pembelajaran ilmu nahwu di pondok pesantren manbaul ulum addariyah patobong dimana santri berkumpul dimasjid giliran untuk menyetor hafalan atau kitab, penggunaan metode sorogan dipondok pesantren manbaul ulum addariyah patobong dimana santri dan santriwai dipisahkan masing-masing mempunyai guru. (2) factor pendukung penggunaan metode sorogan dalam pembelajaran ilmu nahwu adalah metode yang diajarkan sesuai dengan aturan sehinnga memudahkan untuk mengetahui materinya dan cara guru menjelaskan mudah dipahami. Adapun faktor penghambat dalam penggunaan metode sorogan dalam pembelajaran ilmu nahwu adalah waktu sorogan yang lambat, apabila santri tidak belajar sebelum masuk masjid maka santri tersebut tidak hadir dan biasanya izin keluar pondok dengan berbagai alasan dan ada juga sebagaian diantara mereka izin sakit dan ada juga yang tidur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Pembelajaran nahwu, Metode Sorogan, استعمال، تعليم النحو، طريقة سوروغان
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:00
Last Modified: 19 Mar 2024 07:00
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5592

Actions (login required)

View Item View Item