Nurmina, Nurmina (2024) Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa Membaca Teks Bahasa Arab Pada Mata Kuliah Maharah Al-Qira’ah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1200.008 NURMINA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas kesulitan mahasiswa prodi pendidikan bahasa Arab di Institut Agama Islam Negeri Parepare dalam membaca teks bahasa Arab pada mata kuliah Maharah al-Qira’ah. Adapun rumusan masalah pada penelitian tersebut, adalah Bagaimana proses pembelajaran Maharah al-Qira’ah al-Mutawassitah pada program studi pendidikan bahasa Arab? Bagaimana faktor kesulitan yang dialami oleh mahasiswa dalam membaca teks bahasa Arab pada mata kuliah Maharah al-Qira’ah al-Mutawassitah program studi pendidikan bahasa Arab? Bagaimana upaya untuk mengatasi kesulitan mahasiswa dalam membaca teks bahasa Arab pada mata kuliah Maharah al-Qira’ah al-Mutawassitah program studi pendidikan bahasa Arab? Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang akurat tentang proses membaca teks bahasa Arab, menemukan kesulitan yang dialami oleh mahasiswa dalam membaca teks, dan mengetahui berbagai upaya dalam mengatasi kesulitan membaca teks bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pada mata kuliah Maharah al-Qira’ah, mahasiswa dituntut untuk aktif membaca teks bacaan yang berbahasa Arab. Mengartikan dan mengetahui kaidah pada teks bacaan tersebut. Kesulitan yang dialami oleh mahasiswa dalam membaca teks bahasa Arab diantaranya kesalahan makharijul huruf, kurangnya perbendaharaan kosakata, dan kurangnya pemahaman terhadap qawaid. Hal ini disebabkan oleh latar belakang pendidikan mahasiswa. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut, dilakukan dengan: 1) Menambah hafalan kosakata baru dan mempraktikkannya. 2) Memperlancar bacaan al-Qur’an dan mengikuti program pembelajaran tahsin al-Qur’an. 3) Mengikuti kursus bahasa Arab. 4) Memperbanyak membaca buku yang berkaitan dengan qawaid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca, Teks Bahasa Arab, dan Maharah al-Qira’ah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:07
Last Modified: 23 Apr 2024 08:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5585

Actions (login required)

View Item View Item