Irfan, Irfan (2020) Strategi guru pendidikan agama islam dalam penegakan kedisiplinan peserta didik SMAN 5 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
13.1100.011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Disiplin merupakan sikap mental seseorang yang mengandung kerelaan untuk mematuhi segala peraturan atau tata tertib. Strategi guru pendidikan agama islam adalah upaya yang dilakukan oleh seorang guru untuk mencapai tujuan menggunakan metode-metode tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan agama islam. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan model analisis data miles dan huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Gambaran umum mengenai kedisiplinan peserta didik di SMAN 5 Pinrang cukup baik namun masih terdapat peserta didik yang melanggar dan tidak mematuhi tatatertib disekolah. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor intern dan faktor ekstern peserta didik. Faktor intern adalah faktor yang terdapat dalam diri orang yang bersangkutan yang diantara faktor intern tersebut adalah faktor pembawaan, kesadaran, minat dan motivasi serta pola pikir.sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang timbul dari luar diri seseorang yang bersangkutan, yang diantara faktor ekstern tersebut adalah faktor teladan, nasehat, lingkungan dan latihan. 2) Strategi guru PAI dalam penegakan kedisiplinan peserta didik di SMAN 5 Pinrang adalah menggunakan strategi pendekatan persuasif, keteladanan dan sanksi atau hukuman. Guru PAI melakukan pendekatan persuasif untuk mengetahui masalah dan sebab peserta didik bertindak kurang disiplin. Kemudian guru PAI memberikan nasehat dan bimbingan kepada peserta didik yang melanggar atau tidak mematuhi tatatertib agar dapar memahami pentingnya disiplin demi membentuk kepribadian yang lebih baik. Guru PAI juga membentuk kedisiplinan peserta didik dengan menjadi tauladan atau contoh yang baik mulai dari lebih awal datang kesekolah, sopan santun kepada sesama dan yang lebih tua, serta menanamkan nilai keagamaan melalui yasinan pada hari jum’at. Apabila terdapat peserta didik yang terus melakukan pelanggaran atau tidak mematuhi tatatertib maka guru memberikan hukuman berupa pengurangan nilai hingga melibatkan ke bidang bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru pendidikan agama Islam, Penegakan Kedisiplinan, Peserta didik.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 04 Mar 2024 01:54
Last Modified: 04 Mar 2024 01:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5566

Actions (login required)

View Item View Item