Yunus, Sri Atira (2023) AKSELERASI PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI INKUIRI TERBIMBING DI MTS DDI BILAJENG. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1600.023.pdf] Text
18.1600.023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akselerasi atau percepatan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau mempercepat mutu praktek pembelajaran di kelas.Adapunteknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi(pengamatan), teknik tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data aktivitas guru dan siswa kemudian analisis data akselerasi pemahaman matematis. Hasil penelitian menunjukkan adanya akselerasi pemahaman matematis siswa melalui inkuiri terbimbing mengalami percepatan, hal ini dapat dilihat dari selisih tiap-tiap siklus dan respon siswa pada saat ditanya dalam proses pembelajaran berlangsung, rata-rata nilai siswa pada pra siklus sebesar 60, siklus I nilainya sebesar 68 dan siklus III nilai rata-ratanya sebesar 80. Ketuntasan pra siklus, siklus I dan siklus II telah mengalami percepatan secara berturut-turut yaitu mulai dari 62,5% menjadi 68% dan terus mengalami perubahan menjadi 80,86% serta hasil observasi guru maupun siswa terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akselerasi Pemahaman Matematis, Inkuiri Terbimbing
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:40
Last Modified: 03 Nov 2023 03:40
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5531

Actions (login required)

View Item View Item