Astuti, Astuti (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI MIA MAN 2 BARRU. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1600.035.pdf] Text
17.1600.035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik menggunakan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray dalam pembelajaran matematika XI MIA MAN 2 Barru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode true exsperimental design yang melibatkan dua kelompok belajar yang diberi perlakuan yang berbeda. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA 1, 2 & 3 MAN 2 Barru pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dan dipilih secara random berdasarkan hasil belajar terendah 2 kelas sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian, dikemukakan bahwa peningkatan keaktifan peserta didik dalam memahami materi limit fungsi aljabar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terjadi peningkatan. Pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen pretest dan posttest. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: rata-rata nilai hasil pretest-posttest pada kelas eksperimen yaitu 50,45 meningkat mejadi 79,15, rata-rata nilai hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol yaitu 50,72 meningkat menjadi 68,17, persentase aktivitas belajar peserta didik pada pertemuan pertama-pertemuan keempat mengalami peningkatan tiap pertemuannya yakni pertemuan pertama 51,4% pertemuan kedua 67,6% dan pertemuan ketiga 73,1%. Sedangkan dari hasil observasi aktivitas pendidik pada pertemuan pertama diperoleh skor 38 atau 76%, pertemuan kedua diperoleh skor 44 atau 88%dan pertemuan ketiga dengan skor 45 atau 90%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil belajar, Model Pembelajaran Koperatif Tipe Two Stay Two Stray
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:47
Last Modified: 03 Nov 2023 01:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5525

Actions (login required)

View Item View Item