Nurhayati, Nurhayati (2022) PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGUKURAN LUAS BANGUN TAK BERATURAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 7 SMPN 4 PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1600.051.pdf] Text
17.1600.051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Parepare, khususnya di kelas 7 belum terlalu konsen terhadap pendekatan budaya lokal. Metode pembelajaran yang digunakan masih formal sebagaimana matematika pada umumnya. Sehingga metode ini menghilangkan aspek pembelajaran yang menghasilkan peserta didik yang teliti, kreatif, pantang menyerah, dan bermoral serta memahami akar budaya dalam masyarakat lokal. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji penerapan pembelajaran matematika berbasis budaya lokalpada materi pengukuran luas bangun tak beraturan di kelas 7 SMPN 4 Parepare dan peningkatan pemahaman konsep pengukuran luas bangun tak beraturan melalui pembelajaran matematika berbasis budaya lokal di kelas 7 SMPN 4 Parepare Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada kelas 7 SMP 4 Parepare. Data primer dalam penelitian ini adalah hasil observasi, angket dan hasil tes sedangkan data sekunder berupa bacaan yang relevan dengan penelitian ini. Instrumen penelitian diantaranya lembar observasi pembelajaran matematika berbasis budaya lokal, RPP, lembar tes dan dokumentasi. Tahap pengumpulan data dilakukan dengan II siklus. Teknis analisis data menggunakan rumus statistik yang berpedoman pada kriteri pengujian. Hasil penelitian menunjukkan Hasil penelitian dari tes yang diberikan kepada peserta didik kelas 7 SMP 4 Parepare mengalami kenaikan. Pada pra awal tindakan diperoleh Persentase peserta didik yang telah mencapai KKM yakni sebesar 67,8% dengan persentase peserta didik yang belum mencapai KKM, sedangkan pada pelaksanaan tindakan siklus I mengalami peningkatan mencapai KKM yakni sebesar 74% dengan persentase peserta didik yang belum mencapai KKM 26%, artinya belum mencapai keberhasilan penelitian hingga pada siklus II menunjukkan peningkatan mencapai KKM yakni sebesar 84% dengan persentase peserta didik yang belum mencapai KKM 16%. Hasil observasi penelitian dengan indikator perhatian, keaktifan, kedisiplinan dan penugasan menunjukkan peningkatan. Siklus I diperoleh keaktifan peserta didik dalam kategori “baik” dan siklus II diperoleh keaktifan peserta didik dalam kategori “baik”. Siklus I diperoleh perhatian peserta didik dalam kategori “baik” sedangkan siklus II mengalami kenaikan menjadi “sangat baik”. Siklus I diperoleh kedisiplinan peserta didik dalam kategori “ sanggat baik” dan siklus II diperoleh kategori “sangat baik”. Siklus I diperoleh penugasan peserta didik dalam kategori “baik” sedangkan siklus II mengalami kenaikan menjadi “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Matematika Berbasis Budaya Lokal, Pemahaman, Pengukuran Luas Bangun Tak Beraturan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:20
Last Modified: 03 Nov 2023 01:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5519

Actions (login required)

View Item View Item