Ibrahim, Musdalifa (2023) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBANTUAN GEOGEBRA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI UPTD SMP NEGERI 6 PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1600.003.pdf] Text
18.1600.003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa sebelum dan setelah diterapkannya metode demonstrasi berbantuan Geogebra di UPTD SMP Negeri 6 Parepare dan juga untuk mengetahui keefektivan Penerapan metode demonstrasi berbantuan Geogebra dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di UPTD SMP Negeri 6 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 6 Parepare . Pengumpulan data mengggunakan pretest dan posttest. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Statistik inferensial terdiri dari pengujian persyaratan analisis data (uji normalitas, dan uji homogenitas) serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan analisis data menggunakan analisis kuantitatif pada hasil pretest yaitu penerapan metode pembelajaran demonstrasi berbantuan Geogebra diperoleh nilai rata-rata 55,4 dan berdasarkan klasifikasi masih ada 25 % siswa dalam ketegori kurang, terdapat 39 % siswa mendapat nilai yang berkategori cukup, 36% siswa mendapat nilai yang berkategori baik. (2) Berdasarkan analisis data menggunakan analisis kuantitatif pada hasil posttest yaitu sesudah penerapan metode demonstrasi berbantuan Geogebra diperoleh nilai rata-rata 83,04 dan frekuensi tertinggi berdasarkan klasifikasi adalah ketegori sangat baik yang bernilai sebesar 50 %. Serta terdapat 43% siswa yang memperoleh nilai yang berkategori baik, dan 7 % siswa yang mendapat nilai yang berkategori cukup. Hasil ini meyakinkan bahwa kemampuan kognitif siswa setelah diberikan treatment mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Demonstrasi, Geogebra, Kemampuan Kognitif.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:10
Last Modified: 03 Nov 2023 01:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5516

Actions (login required)

View Item View Item