Adawiyah, Rabiatul (2022) Penerapan model pembelajaran non directive dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MA DDI Kanang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1100.087.pdf] Text
18.1100.087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Model pembelajaran non directive merupakan model pembelajaran untuk membantu peserta didik mengembangkan kepercayaan diri dan strategi yang mereka butuhkan untuk bertanggung jawab atas pembelajaran dan pengembangan mereka sendiri dengan cara memberi waktu kepada peserta didik untuk melakukan pengamatan, analisis dan reasoning terhadap pembelajarannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri peserta didik menggunakan model pembelajaran non directive pada mata pelajaran akidah akhlak di MA DDI Kanang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji hipotesis one sample test dan uji hipotesis pired samples test. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh: (1) Hasil analissi data menunjukkan thitung pada pretest kelas eksperimen adalah 41.086, df= 20, sig 5% = 1.725. Sehingga nilai thitung 41.086 > ttabel 1.725, maka dapat dikatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya kepercayaan diri peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran non directive pada mata pelajaran akidah akhlak di MA DDI Kanang berada dalam kategori rendah (67% dari kriterium yang ditetapkan). (2) Hasil analissi data menunjukkan thitung pada posttest kelas eksperimen adalah 32.348, df= 20, sig 5% = 1.725. Sehingga nilai thitung 32.348 > ttabel 1.725, maka dapat dikatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya kepercayaan diri peserta didik setelah penerapan model pembelajaran non directive pada mata pelajaran akidah akhlak di MA DDI Kanang berada dalam kategori sedang (76% dari kriterium yang ditetapkan). (3) Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil Uji-t pretest dan posttest kelas eksperimen memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H₀ ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran non directive dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MA DDI Kanang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran non directive, Kepercayaan diri, Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Quasi Eksperimen
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:31
Last Modified: 27 Mar 2024 03:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5473

Actions (login required)

View Item View Item