Arifuddin, Arifuddin (2023) STRATEGI DALAM MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA MATA KULIAH MAHARAH AL-KALAM MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB ANGKATAN 2020 FAKULTAS TARBIYAH IAIN PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 18.1200.014.pdf] Text
18.1200.014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kecemasan adalah gejala psikologi yang umumnya dialami oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap jenis kecemasan yang dialami mahasiswa dalam berbicara bahasa Arab serta strategi yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa untuk mengurangi kecemasan yang dialami oleh mahasiswa pendidikan bahasa Arab angkatan 2020 Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dalam peneltian ini di peroleh melalui hasil observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam pembelajaran mata kuliah maharah al-kalam mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2020 Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare diketahui bahwa jenis kecemasan yang dialami ketika berbicara bahasa Arab yaitu khawatir, takut, dan malu. Kemudian strategi yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2020 dalam mengurangi kecemasan berbicara bahasa Arab yaitu motivasi, relaksasi, persiapan, berpikir positif, konsentrasi, dan meminta bantuan teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jenis Kecemasan, Strategi Mengurangi Kecemasan, Berbicara Bahasa Arab.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 31 Oct 2023 01:43
Last Modified: 31 Oct 2023 01:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5461

Actions (login required)

View Item View Item