Haruna, Nur Muthmainnah Maryam (2022) PENGGUNAAN METODE OUTDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS XI MA DDI LIL-BANAT PAREPARE. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1200.016.pdf] Text
18.1200.016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Anggapan peserta didik mengenai bahasa Arab seringkali memberikan kesan bahwa mempelajari bahasa Arab adalah sesuatu hal yang sulit. Salah satu faktor dari masalah ini adalah karena metode pembelajaran bahasa Arab yang selama ini mereka dapatkan masih sangat monoton. Oleh karena itu, Metode Outdoor Learning hadir sebagai metode yang dapat membuat peserta didik lebih rileks dan nyaman ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental design jenis one group pretest-posttest design yaitu dengan adanya perlakuan untuk dapat membandingkkan dengan keadaan sebelum dan setelah diberi perlakuan kemudian datanya dari hasil penelitian dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan SPSS 26. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik Observasi, wawancara, tes, treatment dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (uji persyaratan analisis dan uji hipotesis). Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: Setelah dilakukan treatment kepada peserta didik menggunakan metode outdoor learning menghasilkan nilai rata-rata mencapai 93,33. Dimana sebelumnya pada pelaksanaan post-test hanya mencapai nilai rata-rata 62,77. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode outdoor learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Outdoor Learning, Hasil Belajar Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 31 Oct 2023 00:28
Last Modified: 31 Oct 2023 00:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5450

Actions (login required)

View Item View Item