Nurhasanah, Nurhasanah (2023) UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA MEMBACA TEKS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VII MTs PONDOK PESANTREN ITTIHADUL USRATI WAL-JAMA’AH DARUD DA’WAH WAL-IRSYAD (DDI) LERANG-LERANG KAB. PINRANG. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1200.016.pdf] Text
17.1200.016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tiga rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab dalam membaca teks bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren Ittihadul Usrati wal-Jama’ah Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI) Lerang-Lerang Kab. Pinrang? (2) Bagaimana problematika yang dihadapi dalam membaca teks bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren Ittihadul Usrati wal-Jama’ah Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI) Lerang-Lerang Kab. Pinrang? (3) Bagaimana upaya guru bahasa Arab dalam mengatasi problematika membaca teks bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren Ittihadul Usrati wal-Jama’ah Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI) Lerang-Lerang Kab. Pinrang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru bahasa Arab dalam mengatasi problematika membaca teks bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren Ittihadul Usrati wal-Jama’ah Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI) Lerang-Lerang Kab. Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Dan adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi dan menggunakan informasi sebagai alat uji keabsahan data dan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran bahasa Arab dalam membaca teks bahasa Arab siswa yaitu menggunakan proses umum yang dimulai dari tahapan pendahuluan, inti atau penyampaian materi dan tahapan penutup; (2) Problematika yang dihadapi siswa dalam membaca teks bahasa Arab yaitu: a) Makharijul huruf atau pelafalan bunyi huruf hijaiyyah; b) Panjang pendek harakat; c) Tajwid atau hukum bacaan; (3) Upaya guru bahasa Arab dalam mengatasi problematika membaca teks bahasa Arab siswa yaitu dengan cara menciptakan suasana proses pembelajaran dengan nyaman agar siswa bersungguh-sungguh dalam mengikutinya serta selalu memberi motivasi dan membimbing siswa untuk lancar dalam membaca teks bahasa Arab dengan memperhatikan pelafalan bunyi hurufnya, panjang pendek harakat karena jika dalam membaca bahasa Arab itu terutama al-Qur’an maka maknanya pun salah dan hukum bacaannya atau tajwid, mengarahkan siswa untuk memperbanyak menghafal mufradat dengan penyebutan yang benar dan menggunakan perpaduan metode karena bagaimanapun sulitnya sebuah materi jika metodenya bagus maka otomatis siswa akan mudah memahami serta tidak bosan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Membaca Teks, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 30 Oct 2023 02:13
Last Modified: 30 Oct 2023 02:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5442

Actions (login required)

View Item View Item