Fitriani, Fitriani (2022) Pengaruh Promosi Online, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Sustainabilitas UMKM Kuliner di Kota Parepare Pasca Pandemi Covid 19 Dalam Perspektif Maslahah. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.0224.022.pdf] Text
19.0224.022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Eksistensi pelaku UMKM di Kota Parepare terus mengalami pengurangan. Hingga saat ini pasca pandemi covid 19, banyak ditemukan beberapa usaha kuliner yang tutup.Hal ini merupakan dampak dari adanya pandemi saat tahun 2019-2021 yang membuat sustainabilitas para pelaku UMKM kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi online, kualitas layanan, dan harga terhadap sustainabilitas UMKM kuliner di Kota Parepare pasca pandemi covid-19 dalam perspektif maslahah. Metode penelitian ini adalah mixed method. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan asosiatif. Penelitian dilakukan di Kota Parepare kepada pelaku UMKM. Teknik dan instrumen pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 50 sampel. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis korelasi pearson product moment, regresi linear berganda, uji t,uji f, koefisien determinasi (R2) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan; 1) (X1) sangat baik, skor jawaban responden 88% klasifikasi sangatbaik.2) (X2) baik skor jawaban responden 83% klasifikasi baik. 3) (X3) sangat baik, skor jawaban responden 85% klasifikasi sangat baik. 4) (Y) sangat baik, skor jawaban responden 85% klasifikasi sangat baik. 5) Tidak terdapat hubungan antara (X1) terhadap variabel (Y), nilai signifikansi 0,088> 0.05, tidak terdapat korelasi. 6) Tidak terdapat hubungan antara (X2) terhadap variabel (Y), nilai signifikansi 0,122> 0.05,tidak terdapat korelasi.7) Tidak terdapat hubungan antara (X3) terhadapv ariabel (Y) nilai signifikansi 0,129> 0.05. 8) (X1), (X2), dan (X3) secara parsial tidak berpengaruh terhadap sustainabilitas (Y),dengan masing-masing nilai signifikansi berturut-turut 0,140, 0,229 , 0,211 > 0,05, disimpulkan tidak berpengaruh. 9) (X1), (X2), dan (X3) secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap (Y), dengan sig 0,097> 0,05 atau nilai Fhitung 2,234 <Ftabel 2,81 tidak berpengaruh. (10) Variabel yang paling dominan terhadap (Y) yaitu (X1) dengan nilai unstandardized coefficients 0,244.(11) Pelaku UMKM di Kota Parepare menjaga sustainabilitas usahanya dengan sudah menerapkan stratagi yang baik sesuai dengan prinsip kemaslahatan. Ditinjau dari segi maslahahnya sesuai kepentingannya termasuk Maslahah Hajiyyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Promosi Online, Kualitas Layanan, Harga, Sustainabilitas UMKM, Maslahah.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:34
Last Modified: 27 Oct 2023 04:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5406

Actions (login required)

View Item View Item