MZ, Siti Nur Khaerati (2023) Hubungan Antara Keterampilan Menyimak dengan Keterampilan Menulis Bahasa Arab pada Peserta Didik Kelas X MA DDI Ujung Lare Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.0212.005.pdf] Text
19.0212.005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Tesis ini membahas hubungan antara keterampilan menyimak dengan keterampilan menulis Bahasa Arab pada peserta didik Kelas X MA DDI Ujung Lare Parepare. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, penelitian yang melibatkan hubungan satu atau lebih variabel dengan satu atau lebih variabel lain. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah variabel independen yaitu keterampilan menyimak yang diberi simbol X dan variabel dependen yaitu keterampilan menulis bahasa Arab yang diberi smbol Y. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Hasil perhitungan statistik menujukkan bahwa skor total variabel keterampilan menyimak Bahasa Arab yang diperoleh dari hasil penelitian adalah 3477, skor tertinggi variabel ini tiap responden adalah 20 x 5 = 100, karena jumlah responden 40 orang, maka skor kriterium adalah 100 x 40 = 4000. Sehingga, keterampilan menyimak Bahasa Arab yang adalah 3477 : 4000 = 0,869 atau 86,9 % dari kriterium yang ditetapkan. Jadi dapat disimpullkan bahwa keterampilan menyimak Bahasa Arab yang termasuk kategori tinggi. 2) Berdasarkan hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa skor total variabel pada keterampilan menulis Bahasa Arab pada peserta didik Kelas X MA DDI Ujung Lare Parepare (variabel Y) yang diperoleh dari hasil penelitian adalah 3536, skor teoritik tertinggi variabel ini tiap responden adalah 20 x 5 = 100, karena jumlah responden 40 orang, maka skor kriterium adalah 100 x 40 = 4000. Sehingga, keterampilan menulis Bahasa Arab yang adalah 3536 : 4000 = 0,884 atau 83,4 % dari kriterium yang ditetapkan. Jadi dapat disimpullkan bahwa keterampilan menulis Bahasa Arab yang termasuk kategori tinggi. 3) Berdasarkan nilai t hitung sebesar 3,811 ini dikonsultasikan dengan nilai t dari tabel statistika t (df2; 40) = 0,681 (3,811 > 0,681). Setelah dikonsultasikan menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel berarti Ho ditolak atau Ha diterima, artinya terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan antara keterampilan menyimak dengan keterampilan menulis Bahasa Arab pada peserta didik Kelas X MA DDI Ujung Lare Parepare.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyimak, Keterampilan menulis, Korelasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:39
Last Modified: 06 Mar 2024 06:39
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5377

Actions (login required)

View Item View Item