Yulianti, Riska (2022) Analisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal peluang kelas IX MTs Darul Ulum Ath-Thahiriyah Paladang. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
17.1600.025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Matematika ialah ilmu pengetahuan dasar yang perannya sangat besar dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam pengembangan ilmu serta teknologi. Salah satu cabang ilmu dalam matematika yaitu pelung, peluang atau biasa disebut dengan probabilitas ialah cara penyampaian pengetahuan atau keyakinan bahwa suatu peristiwa akan terjadi atau sudah terjadi. Namun pada kenyataannya, kerap kali dijumpai peserta didik mengalami kesulitan pada saat menyelesaikan soal matematika termasuk materi peluang. Kesulitan ini biasanya terjadi karena peserta didik kurang memahami konsep dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang jenis kesulitan yang dialami peserta didik, faktor-faktor penyebab serta cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berupa pernyataan yang tertulis maupun lisan dari peserta didik yang diamati. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dikemukakan bahwa kesulitan dalam menyelesaikan soal pada materi peluang terdiri dari kesulitan dalam memahami konsep dan kesulitan dalam operasi hitung. Kesulitan ini terjadi karena adanya faktor internal (dari dalam diri peserta didik) dan eksternal (keluarga dan lingkungan sekitarnya) dari peserta didik itu sendiri, faktor internalnya berupa kurangnya minat dan antusiasme peserta didik dalam belajar matematika terkhusus pada materi peluang, rutinitas belajar, serta kurangnya motivasi peserta didik. Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal peluang berdasarkan kesulitan dan faktor yang melatarbelakanginya antara lain: menggunakan metode belajar yang sesuai sehingga peserta didik mudah memahami materi dan memberikan motivasi belajar kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesulitan menyelesaikan soal, Peluang.
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190301 Journalism Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:42
Last Modified: 16 Oct 2023 02:42
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item View Item