Sukmawati, Sukmawati (2022) Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau dari Penggunaan Bahasa Daerah Siswa di UPT SMP 2 Duampanua. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of full text] Text (full text)
18.3200.042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kesulitan belajar siswa adalah kondisi dimana siswa menunjukkan gejala belajar yang tidak wajar dan memiliki prestasi belajar di bawah rata-rata yang telah ditetapkan, yang disebabkan oleh hambatan atau gangguan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gambaran kesulitan belajar ditinjau dari pengguanaan bahasa daerah siswa serta untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa daerah terhadap kesulitan belajar siswa di UPT SMP 2 Duampanua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dan teknik pengumpulan data, yaitu dokumnetasi, observasi, dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data kualitatif model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari: (a) reduksi data (b) penyajian data, dan (c) penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Gambaran Kesulitan Belajar Siswa di UPT SMP 2 Duampanua: (a) Siswa menunjukkan hasil belajar yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan, hal ini diliat dari siswa sudah berusaha fokus menerima pembelajaran namun tetap saja siswa tidak dapat mencapai hasil belajar yang baik karena siswa juga biasa mendapat gangguan-gangguan yang buruk dari temannya, (b) Siswa menunjukkan lambat dalam melakukan tugas-tugas belajar, siswa selalu tertinggal dengan kawan- kawannya dalam segala hal, (c) Siswa menunjukkan sikap-sikap yang tidak wajar, seperti: acuh tak acuh, menentang, berpura-pura, dan sebagainya. (d) Siswa menunjukkan perilaku yang berkelainan. Misalnya: mudah tersinggung, murung, pemarah, dan kurang gembira. Pengaruh penggunaan bahasa daerah terhadap kesulitan belajar siswa di UPT SMP 2 Duampanua menunjukkan bahwa siswa seringkali menggunakan bahasa daerahnya pada saat pembelajaran, hal ini ditandai dengan siswa masih terbawa bahasa daerah dari lingkungan tempat tinggalnya yang dimana bahasa daerah tersebut digunakan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Bahasa Daerah, Siswa.
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200207 Maori Cultural Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: azaliya azaliya naim
Date Deposited: 16 Oct 2023 06:39
Last Modified: 16 Oct 2023 06:39
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5082

Actions (login required)

View Item View Item